ZUPERZ – GenkZ, pernah gak sih ingin ke tempat tongkrongan kemudian bingung menentukan perhiasan? Kamu ingin perhiasan yang bersifat personal dan mencerminkan identitasnya. Untuk pilihan perhiasan personal itu, kamu lebih memilih anting atau gelang.
Yupz, seperti kita ketahui, pemilihan perhiasan oleh Gen Z memiliki keunikannya tersendiri. Gen Z umumnya memilih perhiasan tak hanya sekadar untuk menunjang penampilan, tetapi juga menonjolkan identitas yang mencerminkan karakternya.
Kecenderungan untuk menonjolkan karakter dan identitas ini yang membuat Gen Z lebih memilih atau menyukai perhiasan yang dipersonalisasi. Gen Z memilih perhiasan unik dan penuh makna.
Bila ditanya soal pilihan antara memilih anting atau gelang, Gen Z akan memilih anting daripada gelang. Alasannya karena ragam modelnya yang mengikuti tren dan memiliki banyak variasi serta lebih mudah dipadupadankan dengan outfit atau gaya berbusana.
Melansir laman AuGrav, Generasi Z atau Gen Z sangat peduli
perhiasan yang dipersonalisasi. Pemilihan barang-barang yang dipersonalisasi seperti kalung nama, cincin inisial, dan anting memungkinkan individu mengekspresikan identitas dengan cara yang bermakna.
Mereka membagikan cerita-cerita seperti perhiasannya yang personal ke teman atau pengikutnya di media sosial.
Gen Z juga menunjukkan ketertarikannya pada perhiasan yang berani dan memberikan pernyataan atau statement terhadap identitasnya. Mereka tidak segan menggunakan perhiasan yang sangat menonjol seperti anting hoop besar hingga cincin chunky dan kalung mencolok.
Alasannya, perhiasan yang mencerminkan karakter tersebut dapat memberi pernyataan mode dan memamerkan gaya unik mereka. Tren ini sejalan dengan keinginan Generasi Z untuk perhiasan yang khas dan mencerminkan kepribadian mereka.
Selain itu, tidak sedikit Gen Z menikmati sensasi berburu harta karun di toko barang bekas, pasar loak, atau pasar online. Selain peduli pada cerita di balik Sejarah, proses pencarian, keinginan untuk memiliki barang vintage dari toko barang bekas karena adanya keinginan untuk mendapat sesuatu yang bermakna.
Untuk potongan, Generasi Z juga menyukai keindahan desain minimalis. Perhiasan sederhana dan halus seperti rantai emas tipis, anting stud, dan cincin sederhana lebih disukai untuk dikenakan sehari-hari.
Potongan minimalis ini menawarkan fleksibilitas, memungkinkan untuk dilapisi dengan mudah dan dipadukan dengan barang yang lebih berani. Estetika ini menggambarkan preferensi Gen Z terhadap aksesoris yang serbaguna yang dapat disesuaikan untuk setiap kesempatan. (*)