ZUPERZ – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN-T 114 Universitas Hasanuddin Posko Kelurahan Majjelling Wattang mengadakan program kerja kelompok bertajuk “Cegah Bullying dan Toksisme Sejak Dini” di SDN 20 Pangkajene, Rabu, 23 Juli 2025.
Kegiatan ini diikuti antusias oleh siswa-siswi kelas atas yang terlihat sangat semangat sejak awal acara dimulai.
Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh Huwaidah Ainiiyyah Suhardi sebagai moderator, yang membuka kegiatan dengan hangat dan mengajak siswa untuk lebih aktif dan percaya diri.
Pemateri pertama, Muh. Aksa, membawakan materi Stop Bully, Yuk Jadi Teman Baik.
“Pentingnya kita menjadi pribadi yang saling menghargai, menghindari ejekan fisik maupun verbal”, ujar Aksa.
Ia juga mengajak siswa untuk menjadi pelindung, bukan pelaku.
Sementara itu, pemateri kedua, Muammar Al-Washie Syafi, menyampaikan materi bertema Stop Toxic, Yuk Bicara Sopan.
Ia menyampaikan dengan interaktif bahwa kata-kata bisa menjadi alat yang membangun atau melukai, dan penting bagi anak-anak untuk memilih kata yang santun, apalagi di lingkungan sekolah.
Kegiatan ini juga diselingi dengan yel-yel semangat dari seluruh siswa dan mahasiswa.
“Bersama KKN Unhas. Stop Bullying dan Toksisme!” sahut seluruh peserta.
Sebagai penutup kegiatan, Muh. Aksa juga memperkenalkan salah satu program unggulan KKN-T Majjelling Wattang, yaitu Program MABESSA (Majjelling Wattang Bersih Sampah) melalui sosialisasi dan pembagian QR Code infografis edukatif kepada guru dan siswa.
QR code ini berisi informasi penting mengenai tata cara pengelolaan sampah, pemilahan sampah organik dan anorganik, serta ajakan untuk membentuk kebiasaan bersih lingkungan di rumah dan sekolah.
Melalui kegiatan ini, Mahasiswa KKN-T 114 Unhas tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menghadirkan semangat perubahan yang dimulai dari anak-anak.
Sosialisasi ini diharapkan menjadi awal dari upaya kolektif dalam membangun lingkungan belajar yang sehat, aman, dan mendukung pertumbuhan karakter anak yang positif dan bebas dari kekerasan sosial. (*)